Langkah membuat laporan tahunan yaitu berisi beberapa
sheet sekitar 20 sheet, yang mana pada sheet pertama berbama data berisi tabel
tabel laporan, pada sheet ke-2 sampai sheet 19 berisilaporan tabel, gtafik pertiap bulan, pada sheet akhir
berupa kesimpulan dari awal bulan sampai akhir.
Berikut saya akan membuat langkah laporan tahunan.
1. Buka MS. Excel 20072. Buat Sheet
tambahkan sheet sebanyak 20 sheet dengan cara :
klik kanan pada sheet pertama, pilih insert, lalu klik word sheet, klik OK ; berikutnya, ganti nama setiap sheet sheet.
sheet pertama : Data, sheet 2-19 : bulan, Triwulan, semester, dan sheet 20 :
tahun
Pada data, berisi judul,tahun, alamat,tabel laporan
berisi bulan, target, pelapor dan pemimpin.
Pada setiap nama bulan, name box diganti dengan
kependekan nama bulan, misal JAN, FEB, dll. Begitu juga dengan cell yang lain,
name boxnya diganti. Supaya mempermudah menggunakan rumus atau mengkaitkan
dengan sheet lain.
Langkah mengisi target, isikan data pada bulan januari(misal nama cellnya B10) dan bulan desember(B25), untuk bulan lain dicari dengan menggunakan rumus =B10 +(B$25-B$10)/12, 12 adalah jumlah bulan.
Langkah mengisi target, isikan data pada bulan januari(misal nama cellnya B10) dan bulan desember(B25), untuk bulan lain dicari dengan menggunakan rumus =B10 +(B$25-B$10)/12, 12 adalah jumlah bulan.
3.laporan pertiap bulan
Judul : digunakan rumus, dengan mengambil kalimat dari data pada sheet pertama.
- jika ingin menambahkan kalimat dari data sheet sebelumnya, buat kata2 yang ditulis pada name box.
- jika ingin menambah kata yang baru, tambahkan “ “
contoh : =JUDUL&" PUSKESMAS "&PKM&" "&kab&" BULAN "&JAN&" THN "&tahun
Tabel : untuk menambahkan comment atau penjelasan dari cell yaitu : klik kanan pada cell, pilih insert comment, tulis lah penjelasannya.
Kesimpulan : berisi jumlah yang dimasukkan dengan menggunakan rumus countif.
contoh :
Catatan : Pada bulan januari ini jumlah posyandu yang perlu dibina D/Snya adalah 4 posyandu fan N/s sebanyak 2 posyandu
menggunakan rumus : ="Catatan:Pada bulan "&JAN&" ini jumlah posyandu yang perlu dibina D/Snya adalah "&COUNTIF(K7:K16,"Bina")&" posyandu dan N/S sebanyak "&COUNTIF(L7:L16,"Bina")&" posyandu"
Penutup : berisi alamat dan tanggal, nama yang membuat, pemimpin, tanggal
Judul : digunakan rumus, dengan mengambil kalimat dari data pada sheet pertama.
- jika ingin menambahkan kalimat dari data sheet sebelumnya, buat kata2 yang ditulis pada name box.
- jika ingin menambah kata yang baru, tambahkan “ “
contoh : =JUDUL&" PUSKESMAS "&PKM&" "&kab&" BULAN "&JAN&" THN "&tahun
Tabel : untuk menambahkan comment atau penjelasan dari cell yaitu : klik kanan pada cell, pilih insert comment, tulis lah penjelasannya.
Kesimpulan : berisi jumlah yang dimasukkan dengan menggunakan rumus countif.
contoh :
Catatan : Pada bulan januari ini jumlah posyandu yang perlu dibina D/Snya adalah 4 posyandu fan N/s sebanyak 2 posyandu
menggunakan rumus : ="Catatan:Pada bulan "&JAN&" ini jumlah posyandu yang perlu dibina D/Snya adalah "&COUNTIF(K7:K16,"Bina")&" posyandu dan N/S sebanyak "&COUNTIF(L7:L16,"Bina")&" posyandu"
Penutup : berisi alamat dan tanggal, nama yang membuat, pemimpin, tanggal
Grafik : blok data yang ingin dijadikan grafik pilih insert, klik chart, pilih
pormat chart klik OK
untuk
memudahkan pada pembuatan laporan pada bulan berikutnya, copy – pastekan dari
bulan sebelumnya ke bulan berikutnya, kemudian ganti agar seseuai dengan nama
bulan. Untuk mengganti grafik, pada bulan
itu, klik kanan pada grafik select data, setelah muncul data di bulan
sebelumnya, klik lagi sheet bulan yang ingin dirubah, blok data yang
diinginkan.
4. Rumus2 pada tabel
Ada beberapa
rumus yang digunakan dalam format tabel, diantaranya :
a. untuk Jumlah data yang ada di tabel menggunakan rumus : =SUM(cell yang akan di sum)
b. Untuk merata-ratakan data yang ada di tabel dengan rumus : =AVERAGE(cell yang akan di rata-ratakan)
c. untuk kesimpulan banyak data yang diperlukan dengan rumus : =COUNTIF(cell yang bersangkutan)
5. menggunakan print preview.
b. Untuk merata-ratakan data yang ada di tabel dengan rumus : =AVERAGE(cell yang akan di rata-ratakan)
c. untuk kesimpulan banyak data yang diperlukan dengan rumus : =COUNTIF(cell yang bersangkutan)
5. menggunakan print preview.
pada page layout, klik sheet options, print preview, close print preview,
sesuaikan data agar sesuai dengan print preview.
6. Mengunci datablok data yang tidak ingin di kunci. Lalu pada review, pilih protect sheet, masukkan password. Selesai.
Untuk lebih jelasnya anda bisa download disini contoh laporan tahunan.
6. Mengunci datablok data yang tidak ingin di kunci. Lalu pada review, pilih protect sheet, masukkan password. Selesai.
Untuk lebih jelasnya anda bisa download disini contoh laporan tahunan.
anda juga bisa melihat tulisan ini di blog saya yang lain (klik)
Diposkan oleh Putri Meysa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar